Resume Materi Kepewaraan

 

RESUME (Rabu, 18 Oktober 2023)

Pembawa acara seharusnya tidak terlambat datang ke acara yang di bawa. Pembawa acara setidaknya datang 30 menit sebelum acara dimulai. Hal ini ditujukan untuk seorang pembawa acara yang akan:

a.       Mengecek situasi dan tatanan tempat acara yang akan dibawakan;

b.  Mengecek sound, mikrofon, dan perlengkapan lain. Mikrofon disesuaikan acara, jika acara seminar biasanya mikrofon ditempatkan di meja. Selain itu, ada mikrofon yang berada di mimbar, da nada stand mik;

c.       Mengecek tone suara seperti pas tidaknya bass dan sejenisnya;

d.      Mengecek kebutuhan hiasan yang berada di tempat-tempat tertentu. Misalnya di depan mimbar atau meja perlu ditambahi hiasan seperti bunga, pembawa acara berhak menyarankan hal tersebut. Selain itu, jika pembawa acara melihat ada tanaman yang sudah ditata salah satunya mengganggu pemandangan atau menghalangi pembawa acara dalam tugasnya bisa diambil dan diganti tanaman yang lebih pendek. Pembawa acara mengomunikasikan ke panitia yang sedang bertugas dalam acara tersebut.

e.    Mengecek tatanan kursi, jika acara formal biasanya sudah diberi tanda kursi tersebut untuk siapa. Pembawa acara seringkali mengarahkan tamu untuk duduk sesuai tatanan yang sudah diatur. Biasanya tamu-tamu penting duduk di bagian depan.

Etika menyuguhkan minuman kepada tamu penting atau yang disegani:

a.       Lepek atau tatakan minuman tidak boleh basah, harus dalam keadaan kering dan bersih;

b.   Saat meletakkan minuman di meja tamu, pegangan gelas disesuaikan arah posisi tamu agar tidak terlalu memutar saat akan mengambil minum;

c.       Jika minuman misalnya teh terdapat buih, sebaiknya dihilangkan terlebih dahulu;

d.      Mengaduk minuman atau apapun sejatinya harus berlawanan arah jarum jam atau ke arah kiri;

e.       Menyuguhkan minuman melalui tangan bagian depan.

Selain poin tersebut, saat bertugas pembawa acara harus dalam keadaan profesional dengan wajah selalu tersenyum. Hal ini berkaitan dengan pembawa acara harus memiliki integritas di dalam dirinya.

Pembenahan Rundown

a.       Perhatikan tulisan rundown di atas;

b.      Sambutan setidaknya cukup 5 menit;

c.       Bukan sambutan ketua panitia tetapi laporan  ketua panitia;

d.      Saat sambutan kaprodi, dibubuhi sekaligus membuka acara;

e.    Penyampaian materi pembicara 1 disebutkan namanya lalu judul materi yang akan diibawakan. Misalnya Pembicara 1 Prof. Harjito dengan judul “Berkembangnya Ilmu Pengetahuan di Era Digital”;

f.       Jika ada sesi coffe break waktunya maksimal 15 menit;

g.      Saat acara seminar sesi pemateri dipanelkan, moderator akan menyerahkan tugas kembali ke pembawa acara.

 

 

Komentar

  1. koreksi g. jika materi tidak dipanelkan, setiap usai sesi moderator mengembalikan kepada Pewara. Tetapi jika dipanelkan, di akhir panel pembawa acara baru mengambil alih untuk lanjut ke acara lain.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer