Tugas 2 Kepewaraan (Rabu, 27 September 2023)

 1. Menyempurnakan rundown acara tersebut boleh 2 model ( pemateri boleh pisah dan boleh dipanelkan)


2. Menuliskan uraian yang berisi ucapan pembawa acara dari awal sampai selesai

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillahi Robbil 'alamin, wabihi nasta'in , wa'ala umuriddunya wad din. Wa shollallahu ala Sayyidinaa Muhammadin, wa'ala aalihi washahbihi ajma'in.

Yang terhormat, Bapak ketua RT 01 dan 02,

Yang saya hormati Bapak, Ibu serta hadirin yang dimuliakan Allah SWT. Tidak lupa teman-teman remaja dan adik-adik yang saya sayangi.

Selamat malam dan selamat sejahtera untuk kita, dengan mengucapkan Alhamdulillah, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini.

Atas nama panitia peringatan HUT RI yang ke-78 kami menyampaikan terima kasih kepada hadirin, yang dengan tulus menghadiri undangan dari kami malam ini dalam rangka memeriahkan peringatan hari Kemerdekaan RI yang ke-78.

Hadirin yang kami hormati, berhubung waktu telah menunjukkan saatnya acara akan segera kita mulai. Namun sebelumnya, izinkanlah saya membacakan susunan acara HUT RI ke-78, adapun susunan acara pada malam ini adalah sebagai berikut:

1. Pembukaan

2. Menyanyikan lagu Indonesia Raya

3. Menyanyikan lagu 17 Agustus

4. Sambutan Bapak Ketua RW 01

5. Sambutan ketua panitia dan ketua remaja

6. Tari Bungong Jeumpa

7. Pembagian hadiah ( 4 lomba)

8. Pembagian doorprize

9. Tari Nirmala

10. Pembagian hadiah (3 lomba)

11. Pembagian doorprize

12. Doa

13. Penutup

 

Demikianlah susunan acara yang akan kita lalui pada malam hari ini. Berikutnya marilah kita buka acara pada  malam hari ini dengan bacaan basmalah. Bismillahirohmanirohim.

Acara yang kedua yakni menyanyikan lagu Indonesia Raya, kepada Saudari Diva kami persilakan ke depan memimpin menyanyikan lagu Indonesia Raya. Hadirin dimohon berdiri.

ACARA MENYANYIKAN LAGU INDONESIA RAYA

Terima kasih, hadirin kami himbau tetap berdiri sejenak untuk menyanyikan lagu 17 Agustus dipersilakan.

ACARA MENYANYIKAN 17 AGUSTUS

Terima kasih, hadirin kami persilakan duduk kembali. Hadirin yang kami hormati, menginjak acara yang ketiga yaitu sambutan-sambutan. Sambutan pertama akan disampaikan oleh Bapak Ketua RW 01. Untuk itu kami persilakan Ketua RW 01 Bapak Syaerofi untuk memberikan sambutan.

SAMBUTAN Ketua RW 01

Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak Syaerofi yang telah berkenan memberikan sambutan. Acara berikutnya adalah sambutan dari ketua panitia dan ketua remaja. Untuk itu segera kami persilahkan kepada Mas Dedi selaku ketua panitia acara.

SAMBUTAN KETUA PANITIA

Terima kasih, kami sampaikan kepada Mas Dedi, selanjutnya sambutan dari ketua remaja. Untuk itu kepada Mas Didik kami persilakan.

SAMBUTAN KETUA REMAJA

Terima kasih kami sampaikan kepada Mas Didik. Acara yang keenam adalah penampilan tari bungong jeumpa dari adik-adik dibawah bimbingan remaja. Hadirin bisa mmenyaksikan dengan menikmati hidangan yang tekah disediakan oleh kami. Kepada adik-adik penari bungong jeumpa dipersilahkan naik ke atas panggung. Inilah tari bungong jeumpa Beri tepuk tangan yang meriah

TARI BUNGONG JEUMPA

Ya itulah tadi tarian bungong jeumpa. Acara yang ketujuh tentunya acara yang telah dinanti-nanti oleh para hadirin yaitu pengumuman pemenang lomba sekaligus pembagian hadiah.  Acara pembagian hadiah kami persilakan kepada remaja.

ACARA PENGUMUMAN dan PEMBAGIAN HADIAH

Acara selanjutnya adalah pembagian doorprize.

Selanjutnya adalah penampilan tari nirmala dari adik-adik, kepada adik-adik penari tari nirmala dimohon untuk segera naik ke panggung. Mari kita saksikan bersama ini dia tari nirmala, beri tepuk tangan yg meriah

TARI NIRMALA

Itulah tadi kita telah menyaksikan tari nirmala. Kembali ke acara selanjutnya yaitu melanjutkan pembagian hadiah kepada adik-adik yang menjadi pemenang pada lomba kemarin.

PEMBAGIAN HADIAH

Bagi adik-adik yan tidak mendapatkan hadiah tidak apa-apa yaa, tetep semangat tahun besok masih bisa. Acara yang kesebelas adalah melanjutkan pembagian doorprize.

PEMBAGIAN DOORPRIZE

Demikianlah acara pembagian doorprize. Menginjak acara yang kedua belas yaitu pembacaan doa, kepada Bapak Mustaqim kami persilakan untuk memimpin doa.

ACARA PEMBACAAN DOA

Saya mewakili seluruh panitia Hut RI yang ke-78, mohon maaf jika dalam acara malam hari ini belum sempurna sebagaimana hadirin harapkan. Dalam kesempatan ini, kembali kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para hadirin yang sudah berpartisipasi memeriahkan acara ini. Marilah acara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 tahun 2023 kita tutup dengan bacaan hamdalah bersama-sama. Alhamdulilahirobilalamin.

Dari saya pribadi, apabila dalam membawakan acara pada kesempatan malam hari ini terdapat kesalahan dalam tutur kata maupun tindakan yang kurang berkenan di hati hadirin, dengan kerendahan hati saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Demikian acara ini saya tutup, terima kasih

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

3. Menuliskan uraian ucapan moderator ketika memimpin seminar

URAIAN MODERATOR ACARA SEMINAR

 Baik, terima kasih kepada pembawa acara yang sudah berkenan memberikan kesempatan kepada saya untuk melanjutkan rangkaian acara pada pagi hari ini.

Perkenalkan saya Fiqrotun Nabilla sebagai moderator materi yang akan memandu jalannya acara pada sesi ini.

Dalam seminar kali ini, kita akan membahas mengenai “PEMBELAJARAN ABAD 21”, pembelajaran ini merupakan pembelajaran yang bertujuan mempersiapkan generasi Abad 21 menjadi generasi yang cakap dengan teknologi juga mandiri. Lantas bagaimana keterkaitan pembelajaran abad 21 dengan era globalisasi saat ini? Dan bagaimana bentuk serta model pembelajarannya? Semua itu akan dibahas oleh narasumber kita yang sudah hadir pada pagi hari ini. Mereka adalah Ibu Rawinda Fitrotul Mualafina S.S., M.A. beserta rekannya, Ibu Siti Ulfiyani S.Pd., M.Pd.

Baik, setelah ini saya akan langsung mempersilakan narasumber untuk melakukan presentasi. Presentasi akan saya bagi menjadi dua sesi, sesi pertama untuk penyampaian materi, dan sesi kedua adalah tanya jawab untuk peserta. Sembari menunggu narasumber menyiapkan presentasinya, saya menghimbau kepada seluruh peserta untuk mengaktifkan kamera kemudian wajib menonaktifkan suara agar tidak mengganggu narasumber ketika sedang berbicara.

Pembacaan CV

Baik langsung saja, saya persilakan kepada Ibu Rawinda Fitrotul Mualafina S.S., M.A. untuk mengawali presentasi materi pada pagi hari ini. Silakan.....

Baik, Terima kasih Ibu Rawinda Fitrotul Mualafina S.S., M.A. Selanjutnya kita akan langsung ke narasumber kedua untuk menyampaikan seperti apa model pembelajaran abad 21 ini. Kepada Ibu Siti Ulfiyani S.Pd., M.Pd. saya persilakan...

Baik terima kasih Ibu Siti Ulfiyani S.Pd., M.Pd.

Sesi pertama pembahasan materi sudah selesai, dan seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, di sesi kedua ini, saya akan mengadakan tanya jawab untuk peserta. Peserta yang ingin mengajukan pertanyaan dimohon untuk mengaktifkan kamera dan suara terlebih dahulu lalu memperkenalkan diri dan langsung membacakan pertanyaannya. Silakan...

Pertanyaan :

Elen Barera (Abad 21 ditandai sebagai abad keterbukaan atau abad globalisasi, artinya kehidupan manusia pada abad 21 mengalami perubahan-perubahan yang fundamental yang berbeda dengan tata kehidupan dalam abad sebelumnya. Lalu Apakah pengembangan kurikulum 2013 di jenjang sekolah sudah terdapat ketrampilan abad 21? Jelaskan?)

Eka Santi Aprilia (Apa saja perubahan-perubahan di era globalisasi pada pendidikan abad 21?)

Sri Handayani (kemampuan kolaborasi apa saja yang harus dimiliki siswa abad 21)

Baik silakan kepada Ibu Rawinda Fitrotul Mualafina S.S., M.A.. untuk menjawab pertanyaan dari Saudari Elen mengenai “Apakah pengembangan kurikulum 2013 di jenjang sekolah sudah terdapat keterampilan abad 21?”

Baik langsung ke pertanyaan kedua dari Saudari Eka mengenai “Apa saja perubahan-perubahan Di era globalisasi pada pendidikan abad 21?” Kepada Ibu Rawinda Fitrotul Mualafina S.S., M.A. saya persilakan....

Izin menambahkan sedikit mengenai perubahan di era globalisasi, perubahan pasti akan terjadi tetapi dampak yang ditimbulkan suatu perubahan diharapkan menjadi sesuatu yang terwujud dengan baik, begitu pula dampak yang diharapkan pada pembelajaran abad 21 ini..

Terima kasih. Pertanyaan ketiga dari Saudari Sri mengenai “Kemampuan kolaborasi apa saja yang harus dimiliki siswa abad 21”. Kepada Ibu Siti Ulfiyani S.Pd., M.Pd. saya persilakan untuk menjawab...

Jawaban: Menunjukkan kemampuan bekerja secara efektif dengan berbagai kelompok. Memiliki keluwesan dan kesediaan membantu dalam berkompromi mencapai tujuan bersama. Setiap individu adalah milik kelompok dan bertanggung jawab terhadap kelompoknya.

Acara demi acara telah selesai, dapat saya simpulkan bahwa pembelajaran Abad 21 adalah pembelajaran yang dibentuk melalui penyesuaian perubahan-perubahan yang terjadi. Perubahan ini mempengaruhi model pembelajarannya yang menargetkan dengan harapan besar terciptanya karakter peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Itu saja yang dapat saya sampaikan, saya selaku moderator meminta maaf yang sebesar-besarnya jika selama memandu acara terdapat tutur kata dan perbuatan yang kurang berkenan. Tidak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada kedua narasumber yang sudah bersedia hadir dan mau memberikan materi, juga kepada seluruh peserta yang sudah antusias merespon dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang sangat menarik. Selanjutnya, saya kembalikan kepada pembawa acara untuk menutup seminar pada pagi hari ini. Terima kasih.


Komentar

Postingan Populer